IKLAN LAYANAN MASYARAKAT INI DIPERSEMBAHKAN OLEH PORTALMADIUN
Home » » Makanan Tradisional Ini Menjadikan Gustiah Bisa Hidupi Keluarga

Makanan Tradisional Ini Menjadikan Gustiah Bisa Hidupi Keluarga

Madiun (portalmadiun) - Mungkin bagi sebagian kalangan masih teringat dan melekat makanan tradisional yang bernama Jenang Gempol, yaa...makanan yang bisa dibilang sudah melegenda ini ternyata juga diproduksi oleh Gustiah warga Desa Kranggan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun.

Cara membuat Jenang Gempol sendiri cukup sederhana karena mudah didapatkan di sekitar kita yakni Tepung beras, Kelapa, Air putih, Garam, serta Gula merah dan daun pandan bila diperlukan sesuai selera.

Menurut Gustiah, setiap hari dirinya menghabiskan lebih dari 1 kg untuk masing-masing bahan baku. Proses pembuatan yang memakan waktu 3 jam pun siap di pasarkan. Jenang Gempol bisa di sajikan dengan kuah santan dan Serabi sebagai pelengkapnya.

" Usaha ini sudah hampir 15 tahun turun temurun dari mbah saya, dan dulu satu hari bisa habis 16 Kg pembuatannya, itupun banyak yang diambil dan dijual ke pasar, sekarang hanya bisa memasak 3 Kg sehari,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, usaha Gempol ini tidak sulit serta tidak memerlukan modal besar tapi hanya cukup kemauan dan ketelatenan berdagang.

" Alhamdulillah, hasilnya cukup lumayan mas, bisa mencukupi kebutuhan keluarga," terangnya.
Usaha yang digeluti Gustiah ini patut dijadikan inspirasi bagi kita, selain menciptakan pundi-pundi rupiah juga sebagai pelestari makanan tradisional.

0 komentar:

Posting Komentar